Remote SSH kamu dengan nyaman !

hari ini saya dapat aplikasi yang sangat keren dan bagus untuk meremote Secure Shell(SSH), nah kebiasaanya developer menremote ssh dengan putty atau bahkan dengan ssh-client yang bawaan GNU Linux seperti Linux Debian, Ubuntu, Fedora dll. kali ini saya merasa ketika remote dengan ssh-client agak sedikit dibikin ribet, apabila saya sudah remote dalam jangka waktu 15-30 menit tidak ada aktivitas ssh yang sudah kita remote maka ssh nya  tidak berjalan lagi (not responding) lah istilahnya, yah tentunya keribetan pun datang, kita harus meremote lagi dan memasukkan password lagi, itu hal yang sangat menyebalkan menurutku. DONT REPEAT YOUR SELF :p

Mosh menurut pengertian dari website http://mosh.mit.edu adalah “Remote terminal application that allows roaming, supportsintermittent connectivity, and provides intelligent local echo and line editing of user keystrokes. Mosh is a replacement for SSH. It’s more robust and responsive, especially over Wi-Fi, cellular, and long-distance links. Mosh is free software, available for GNU/Linux, FreeBSD, Solaris, Mac OS X, and Android.” jika ingin tahu lebih lanjut bisa dilihat di website tersebut.

yang paling berguna ketika menggunakan Mosh untuk remote ssh server adalah ketika kita menghibernate, mensuspend atau Away From Keyboard (AFK). disinilah Mosh bekerja sangat mantap, hubungan ssh-client dengan ssh-server tidak terputus artinya kita tak perlu lagi login ke ssh server. lihat di sini http://mosh.mit.edu/#usage cara pemakaian Mosh.

Leave a comment